kursor

salju

Kamis, 20 Maret 2014

Dasar - Dasar Genetika

Genetika adalah ilmu yang mempelajari sifat - sifat keturunan (hereditas) serta segala seluk beluknya secara ilmiah.
  • DNA (Deoxyribro Nukeic Acid)
    Merupakan polimer dari Deoxyribro Nukleotida yang terdiri dari fosfat, gula, dan basa nitrogen. DNA mengandung gen, informasi yang mengatur sintesis protein dan RNA. DNA mengandung bagian - bagian yang menentukan pengaturan ekspresi gen (promoter, operator,dll)
  • RNA (Ribonukleid Acid)
    Merupakan polimer dari RiboNukleotida, yang memiliki ciri :
  1. Biasanya berutas tunggal
  2. Merupakan materi genetik pada beberapa virus
Fungsi DNA sebagai materi genetik :
  • DNA harus mampu menyimpan informasi genetik dan dengan tepat dapat meneruskan informasi tersebut dari tertua kepada keturunannya, dari generasi ke generasi. Fungsi ini merupakan fungsi genotipik, yang dilaksanakan melalui replikasi.
  • DNA harus mengatur perkembangan fenotipe organisme. Artinya, materi genetik harus mengarahkan pertumbuhan dan diferensiasi organisme mulai dari zigot hingga individu dewasa. Fungsi ini merupakan fungsi fenotipik, yang dilaksanakan melalui ekspresi gen.
  • DNA sewaktu-waktu harus dapat mengalami perubahan sehingga organisme bersangkutan akan mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berubah. Tanpa perubahan semacam ini, evolusi tidak akan pernah berlangsung. Fungsi ini merupakan fungsi evolusioner, yang dilaksanakan melalui peristiwa mutasi.
Sekian dari posting kali ini semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar