kursor

salju

Minggu, 11 Agustus 2013

Puasa Enam Hari Bulan Syawal

Apa hukumnya puasa enam hari bulan Syawal, apa hukumnya wajib ?
Puasa enam hari  bulan Syawal selepas puasa wajib bulan Ramadhan adalah amal sunnah yang dianjurkan, jadi puasa enam hari bulan Syawal hukumnya tidak wajib. Banyak sekali keutamaan dan pahala yang besar bagi yang mengerjakannya.
Diantaranya, barangsiapa yang mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal dituliskan baginya puasa satu tahun penuh (jika ia berpuasa bulan Ramadhan). Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits Shahih dari Abu Ayyub Radhiyallahu 'Anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

"Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh.'' (HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah).

Dalam sebuah riwayat berbunyi:

''Allah telah melipat gandakan setiap kebaukan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan, dan berpuasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkan satu tahun. '' (HR An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Sekian posting kali ini semoga bermanfaat, dan jika sempat carilah amalan setelah bulan Ramadha ini yaitu puasa enam hari bulan Syawal. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan berkah kepada kita.
amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar